Temanggung – Pemerintah terus berupaya meningkatkan kualitas pendidikan di Sekolah Madrasah di seluruh Indonesia. Sebagai implementasi dari upaya tersebut ditindaklanjuti melalui kegiatan Workshop penyusunan naskah UTS,UAS dan Ujian bagi Guru dan Kepala MI se Kecamatan Kandangan.
Kegiatan workshop penyusunan naskah UTS,UAS dan Ujian Sekolah tahun pelajaran 2016-2017 dimaksudkan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam bidang evaluasi/penilaian dengan harapan agar guru mampu menyusun kisi-kisi soal serta naskah soal sesuai dengan kaidah yang benar, meningkatkan mutu dan kualitas soal Ujian Sekolah/Madrasah diharapkan nantinya karakteristiknya hampir sama dengan Ujian Nasional. Hal ini dilakukan untuk meminimalisasi kesenjangan antara hasil Ujian Sekolah dan Ujian Nasional.
Drs. Junaidi dan sekolah madrasah, telah mengambil langkah konkret untuk menjaga mutu lulusannya diantaranya melalui pembinaan, workshop/bintek, supervisi dan evaluasi ke satuan pendidikan. Pada kegiatan workshop kali ini bertindak sebagai narasumber adalah Drs. H. Junaidi dari Balai Diklat Keagamaan Semarang. Setelah penyajian materi , peserta praktek menyusun kisi-kisi dan soal ulangan. “Dan sebagai tindak lanjut kegiatan ini, peserta diberi tugas menyusun pemetaan KD untuk penyusunan naskah, dan beliau berharap semoga kegiatan ini membawa manfaat untuk para guru dan peserta didik serta membawa kemajuan dunia pendidikan”, tuturnya.
Hadir pada kegiatan ini, Kasi Pendidikan Madrasah dan Pengawas Pendidikan Agama Kec. Kandangan yang memberikan arahan dan membuka kegiatan workshop.
Dalam sambutan pembukaannya, Yusuf Purwanto, M.Ag menyampaikan beberapa tujuan kegiatan dinataranya untuk meningkatkan pemahaman guru tentang karakteristik kisi-kisi UN tahun pelajaran 2016-2017, meningkatkan kemampuan dan keterampilan guru dalam merumuskan indikator soal (penilaian), memantapkan kemampuan dan keterampilan guru dalam menyusun kisi-kisi soal; meningkatkan kemampuan dan keterampilan guru dalam menyusun butir soal sesuai dengan kaidah penulisan butir soal; memantapkan kemampuan dan keterampilan guru dalam menelaah butir soal secara kualitatif menggunakan kartu telaah soal; memantapkan kemampuan dan keterampilan guru dalam perakitan naskah soal ujian.
Sedangkan hasil yang diharapkan dari kegiatan ini adalah tersusunnya dokumen-dokumen sebagai berikut : kisi-kisi soal US tahun pelajaran 2016-2017, rumusan butir soal yang ditulis dalam bentuk kartu soal, sesuai dengan kisi-kisi. Serta untuk semua pihak yang terlibat dalam kegiatan ini, diharapkan dapat menjadikan panduan ini sebagai acuan dalam menjalankan fungsi, peran, dan tugas masing-masing, dengan tetap menjaga dan meningkatkan sikap profesional dalam melakukan pelayanan, sehingga tujuan yang diharapkan melalui kegiatan ini dapat dicapai secara optimal, pungkasnya.