Temanggung – Dalam upaya untuk terus memaksimalkan peran Kantor Urusan Agama (KUA) di tengah masyarakat dan sebagai agenda kegiatan rutin, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung melalui Seksi Bimas Islam, menggelar Rapat Koordinasi dengan Kepala dan Bendahara Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Se-Kabupaten Temanggung, Rabu (22/1). Pelaksanaan kegiatan rakor Bimbingan Masyarakat Islam ini dilaksanakan di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung yang dihadiri oleh seluruh Kepala dan Bendahara KUA dan staf jajaran Bimas Islam.
Dalam sambutan dan arahannya Kepala Seksi Bimas Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung, H. Munsiri menyatakan bahwa rapat koordinasi bersama seluruh Kepala KUA dan Bendahara Se-Kabupaten Temanggung ini merupakan Rakor yang pertama kalinya dilaksanakan pada Tahun 2020 ini. Hal ini dilaksanakan untuk menciptakan kerja sama yang baik serta meningkatkan kinerja antara KUA dengan Bimas Islam. Rapat koordinasi ini menjadi hal yang sangat penting dan terus dilakukan agar informasi, komunikasi serta koordinasi bisa berjalan dengan lebih baik. “Rakor ini merupakan ajang untuk melakukan evaluasi di Tahun 2019, dan sekaligus berkomitmen untuk meningkatkan kinerja dan pelayanan di Tahun 2020,“ ujarnya.
Sementara itu, terkait dengan laporan pertanggungjawaban tahunan harus segera diselesaikan untuk masing-masing KUA, dikarenakan tahun anggaran 2019 sudah berakhir. “Selesaikan laporan pertanggungjawaban dengan tepat waktu, bekerja sesuai regulasi yang ada, ikuti petunjuk dan teknis yang berlaku,” pintanya. Munsiri juga menginstruksikan agar pelaporan KUA dapat sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan dan disampaikan tepat waktu. “Kedisiplinan dalam penyampaian laporan serta isi yang akuntabel itu penting, karena dari sanalah salah satu tolak ukur kinerja KUA,” ungkapnya.
Munsiri menambahkan kedepan semua Kepala KUA dan staf KUA harus bekerja maksimal, sehingga dapat memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat, serta diharapkan semua Kepala KUA memahami akan tugas pokok dan fungsinya dengan baik sehingga dapat bekerja dengan cepat, tepat dan akuntabel. Terkait pelayanan kepada masyarakat harus terus ditingkatkan dan selalu menciptakan inovasi baru melalui beberapa strategi yang menuju kepada kepuasan masyarakat.(sr)